31 Oktober 2011

Weekend Sehat


Selamat pagi Indonesia! Kemarin mulai pukul 10.30  Bogor daerah Darmaga diguyur hujan. Beruntunglah yang hampir saja kena razia di belokan mau ke Bubulak! Hehehe. Kemarin pagi juga atas rahmat Tuhan Yang Mahakuasa, saya bisa mengikuti Gowes yang masih acaranya Kementrian Soslingmas BEM-KM IPB (Gowes sebelumnya sudah saya ceritakan). Kali ini tanpa 'CP' karena dia mengisi acara yang kebetulan lagi dilaksanakan di IPB juga (IPB salut deh, sehari aja ada berbagai macam acara di kampus). But, ternyata rasa bahagia saya tidak surut justru kali ini lebih mendapat 'sesuatu' gitu lah. Oke, mari saya ceritakan!

Berawal dari kemarin lusa, saya bertemu teman saya Winda dan mendapat teman baru namanya Deby di acara JAPAS IPB 2011. Saya mengajak mereka untuk ikut acara Gowes ini, alhamdulillah mereka mau hihihi tadinya hampir aja saya madesu karena tidak ada yang mau ikut. Akhirnya mereka berdua terjebak 'ide budug' saya. Saya tidak tahu kalau acara Gowes kali ini start jam 06.30, saya pikir masih sama seperti Gowes yang lalu. Maka saya sms ke mereka kumpul di Shelter Sepeda GWW jam 05.30. Mereka tiba tepat waktu, menunggu saya, belum sarapan, tak lama saya tiba dan ikutan syok karena masih sepi. Saya SMS kakaknya ternyata mulai jam 06.30! Hahaha akhirnya kami menunggu di GWW sambil Winda dan Deby sarapan (?) basreng. Maaf ya ceman-cemaaaaaaan (ʃƪ˘˘ﻬ)


Setelah semua berkumpul, berangkatlah kami (para goweser *bah apa pula ini*) dengan tujuan Situ Gede- Cifor. Kami berangkat lewat astra. Saya bahagia banget karena saya sukses melewati tanjakan sebelum alhur, ringan banget deh seneng plus heran! Thanks Rabb! hihihi. Oke, kemudian ada kecelakaan sedikit di turunan astra ada peserta yang jatuh, kurang tau kenapa kayaknya kurang ngerem deh karena turunan astra itu panjang banget dan pagi-pagi tadi sudah ramai kendaraan melintas. Setelah ditangani akhirnya tetap dilanjutkan. Udara pagi yang masih segar... pemandangan alam yang indah, sungai, sawah, hijau... segar sekali! Memang paling enak kalau udah stres sama rutinitas sehari-hari tuh ya bermain bersama alam. Subhanallah... tanjakan curam pun saya berhasil lewati karena semangat dan tak terasa lelah karena terlalu merasa segarnya. Bertambahlah rasa bahagia saya. Kenapa sih saya bahagia sekali melewati tanjakan? Karena saya takut sekali kalau naik sepeda itu sama tanjakan, saya ingin sekali bisa melewatinya hehehe.


Sampai Situ Gede istirahat sebentar lalu lanjut gowes masuk ke hutan Cifornya. Disana kami duduk melingkar dan diskusi. Dimulai dengan perkenalan. Karena disuruh memperkenalkan nama dan ke-khas-annya maka saya memperkenalkan diri sebagai "UCI EKSOTIK" dan semua pun tepuk tangan peluk-peluk masang tampang 'yaya, okay' hiks. Setelah itu ada laporan dari setiap perwakilan pejuang lingkungan dari tiap-tiap fakultas (ini saya baru tau). Yang sudah ada progres itu dari FMIPA dengan kantin kejujuran lalu FPIK (Fahutan MANAAAAA????). Setelah itu ada penjelasan sedikit mengenai Hutan Cifor dan Situ Gede sendiri. Nah, berhubung hutan-hutan jadi saja yang dari Fahutan ditanya. Di sana cuma ada 3 orang anak Fahutan, Kak Tirta, saya dan Winda. Berhubung saya dan Winda adalah maba yang unyu-unyu jadi Ka Tirta dong harusnya yang bisa jelasin, tapi kita gak tau kakaknya angkatan berapa beliau tidak bisa menjelaskaaaaaan hikshikshiks. Jadi dijelaskan oleh Kak Zai yang bukan Fahutan, beliau panitia, terus kalau Situ Gedenya diterangkan oleh FPIK tuh ya sukses, dari Kak Hassan menjelaskan aspek pertaniannya, terus ada kakak dari Fema menjelaskan dari segi masyarakatnya. Eh tapi Kak Tirta juga sempat menjelaskan kok jenis hutan apa dilihat dari biji pohonnya yang katanya bijinya itu bersayap *wedeeeeh*



Kejadian itu cukup menampar saya, membukakan mata dan mengenalkan saya mengenai 'bidang' saya. Dapet ilmu baru huaaa! Pokoknya nanti di departemen harus belajar sungguh-sungguh, bukan untuk nilai! Biar bisa diaplikasikan! Biar memberi manfaat! Saya setidaknya jadi mengenal daerah Cifor ini. Sebelumnya saya hanya wisata ya wisata aja, tidak terlalu sampai meneliti lingkungannya. Saya jadi tahu kalau Cifor itu hutan buatan yang dibuat pada tahun 70'an oleh IPB. Menurut pandangan agrisylva*lupalagi* pokoknya dalam satu itu tuh udah ada pertanian, hutan dan peternakannya, nah Cifor ini sudah tepat. Pertaniannya itu di perikanan, ada juga tanaman-tanaman (gak tau namanya) terus hutannya ya hutan terus peternakannya itu rusa. Dulu Cifor dibangun oleh masyarakat, sekarang sudah diambil alih oleh pemerintah masyarakatnya kurang. Gunanya itu dibangun sebagai ganti sekarang kan hutan-hutan di IPB sudah ditebang dan itu sudah direncanakan dulu tahun 70'an ini dan fungsinya hutan IPB dialihkan ke Cifor begitu. Jadi, penebangan hutan di  kampus IPB yang sempat didemo itu ternyata bukan sembarang tebang tapi karena memang sudah direncanakan. Ya, fungsinya jadinya untuk mengatur iklim nitro juga (apadeh tadi katanya). Saya juga melihat sih ada kantor Badan Klimatologi di daerah ini. Sayangnya, menurut pandangan arsitektur lanskap kurang bagus nih karena di daerah Cifor ditanami sawit yang memperngaruhi ke danaunya juga pengairan untuk tanaman lainnya.

Huaaaaah maaf ya saya tidak bisa menjelaskan dengan baik, padahal saya ingin sekali berbagi. Makanya tadi saya bilang saya jadi tertampar untuk benar-benar mempelajari bidang saya. Nanti ya, InsyaAllah kalau saya sudah dapat ilmunya di departemen saya coba berbagi yang lebih jelas dan lebih baik :( Saya juga jadi malu, saya sempat berpikir malesin kalo nanti praktikum cuma di Cifor, maunya ke gunung-gunung yang jauh! Bah, ternyta Cifor saja tidak terjamah oleh nalar saya sudah belagu mau yang daerahnya lebih luas lagi... Ah jadi semangat nih, saya kan sudah banyak menikmati sesuatu dari alam, meskipun tidak bisa memberi yang sama kepada alam setidaknya saya tidak semakin merusak dan adalah usaha dikit-dikit melestarikan alam. Kan sudah terasa sendiri nikmatnya berada di tengah-tengah alam yang masih asri, yang masih didominasi warna coklat dari tanah dan hijau dari tumbuhan. Terima kasih kepada Kemsoslingmas BEM-KM IPB sudah menyelenggarakan kegiatan ini ya terima kasih kakak-kakak :')


Pulangnya saya duluan karena ada urusan job turdes, mantap! saya tidak kuat tanjakan astra yang super panjang itu hikshiks. Tapi tidak sedih kok, hehe. Aduh senangnya, kemarin lusa juga senang karena mendadak jadi panitia JAPAS IPB 2011 (Thanks to Nailaaaaa). Ambil andil di konsumsi riweuh banget hehehe tapi dapet pengalaman dan teman baru. Sayang saya tidak mendapat doorprize sepeda! Hiks... Btw, jadi doyan sepedahan deh hehehe beliin sepedaaaaa!







Tidak ada komentar: