01 Agustus 2008

pahlawan itu ..

Hari ini latihan PMR perdanaku di SMA. Datang hampir aja telat. Materi pertama adalah PP (pertolongan pertama) karena inilah yang paling penting, dan merupakan tujuan utama dari PMR (bener gak sih?). Sebenarnya, aku ikut pmr ini 'terpaksa' karena daripada milih pasopati (paskib) atau pramuka? mendingan pmr pikirku. Waktu smp juga pernah ikut, tapi mungkin emang lagi hoki aku jadi pmr andalan dan bersama reguku dilatih bener2 buat ikut jumbara atau lomba, padahal aku sendiri merasa ga mampu, eh pas tes sukses trus! heran.

Kalau dulu ikut pmr cuma bangga2an doang, enak2an di dispen karena kemping, atau acara penyuluhan dsb.. pokoknya ga dikitpun materi nyantol, oke, setidaknya nangani orang demam bisalah. Dulu itu berjaya di pmr terus bangga pake lambang dan lencana pmr kalo kesekolah, kalo diliatin orang diluar sekolah WUIH banget rasanya, anak pmr booo! padahal ga bisa apa2. Yah, itu salah satu kesombonganku. Tapi sekarang?

Latihan tadi bener2 penuh makna. Aku jadi takut, bahkan ga mau pake2 lencana pmr lagi, karena pertanggung jawabannya besar! Kalo ada kecelakaan atau butuh pertolongan pas kita jalan, kalau kita pake tanda pengenal itu, kita wajib turun tangan kalau tidak bisa dipenjara atau denda! Dari materi tadi aja aku cuma bisa hokcai (ngalohok ngacai) sembari ber "ooo..h gitu", ngangguk2, dan ber "hii.." ria. Masi terlalu banyak yang aku gak tau, tapi aku dengan sombongnya nyepelein pmr. Nangani orang yang ususnya keluar, patah tulang terbuka, dan luka robek aja aku gak tau.

Terus tadi kang Soni cerita. Dia dan 8 orang temannya jalan2 ke Pelabuhan Ratu hari Rabu kemarin 30 Juli 2008. Waktu pulangnya malem hari, motor temannya kang Rivo yang ngebonceng teh Eci disenggol sama motor lain. Hilang keseimbangan, keduanya jatuh dan mental kemudian ada mobil menghantam dan mereka terseret jauh dari tempat awal mereka jatuh. Kang Rivo yang tulang kakinya keluar sepanjang 10cm pergi sendiri akhirnya ke puskesmas karena kang Soni lagi nanganin teh Eci yang kondisinya parah. Kang Soni hanya bisa membantu melancarkan jalur nafas teh Eci karena tubuhnya hancur ga bisa diapa-apain. Tulang rusuknya remuk, tulang punggung ancur, bagian bawah ancur, dan pendarahan di pelipis. Dibawa kerumah sakit dan sepanjang perjalanan kang Soni ngejaga teh Eci supaya tulangnya tidak bergeser dan terus nyemangati teh Eci supaya tetap sadar. Sempat dikasi bantuan nafas 2x dan sempat pulih pernafasannya. Namun saat dirumah sakit, akhirnya teh Eci pun menyerah. Innalilahi wa inna ilaihi rajiuun. Semuanya udah ga tau harus gimana lagi.

Mendengar cerita kang Soni itu, kita semua termenung, ada yg nangis, aku sendiri nangis. Ada rasa bangga karena punya seorang akang dan anak pmr yang bener2 menjalani tugasnya, mempraktekan ilmunya. Tapi ada juga rasa takut, apa aku bisa seperti kang Soni? mungkin kalau saat itu aku ada diposisi kang Soni yang dilakuin pertama kali ngebersihin pendarahan dipelipis? mungkin teh Eci meninggal ditempat karena aku ga bisa menjaga agar tulangnya tidak bergerak? Mengingat begitu besar tanggung jawab sebagai pmr, aku jadi serem, tapi juga membakar semangat supaya serius latihan! Dan ini teguran kalo pmr itu bukan ekskul biasa yang bisa disepelekan.

Sampai saat ini kang Rivo belum tau kalau teh Eci udah ga ada. Kabarnya kaki kang Rivo mau di amputasi, tapi lagi diusahakan supaya tidak di amputasi. Kemarin jenazah teh Eci dikirim ke orang tuanya di Jambi. Oh ya, katanya teh Eci dan kang Rivo ga pamit sama orang tuanya. Jadi ini pelajaran buat kita semua. Beberapa tahun lalu sekolahku juga kehilangan 2 orang murid yang kasusnya kecelakaan motor juga.

Huuh, SMANLI berkabung. Buat teh Eci, walaupun aku ga kenal, tapi aku sedih juga kehilangan seorang teteh. Aku yakin teteh anak yang baik. Semoga teteh tenang disisiNya, keluarga teteh juga diberi kesabaran yg besar. Kami semua warga SMANLI sangat kehilangan, dan selalu mendoakan agar teteh nyaman, dan bisa menikmati indah surgaNya. Amin.

17 komentar:

Anonim mengatakan...

Bedeh kok ceritanya serem.

Hahah kaya gua milih eskul tergantung oospeknya :D

akhirnya gua nyesel gak ikut OSIS ama PAskibra (cewenya cuantik) T_T!

Wijoyo Simanjuntak mengatakan...

turut berdukacita buat anak2 SMANLI_BOGOR...

mudah-mudahan Revo ga diamputasi

semuanya udah ditakdirkan Tuhan

wijooyoo.blogspot.com/2008/06/perjuangan-melawan-ganasnya-kanker.html

dhimas.ario mengatakan...

wew..
kalo emon di posisi kang Soni udah pasti emon bakal ga tenang ampe skarang..berada di ujung hidup dan mati seseorang..sama aja sial kena games nya SAW.

smoga arwahnya diterima di sisiNya.Amin..

Ucing! mengatakan...

@bayu : iya, apalagi denger langsung dari kang Soni.. terkesan lebay tapi asli !

ah, dirimu centil ! aku juga sih, ekskul lain liat seniorny dulu kecuali pmr ini sm pasma.. hekehekeheke :9
@wijooyoo : amin. rivo nmanya. oh y, ud bca ceritanya.. wow, salut sama om joyo!
@dhimaskeren : uci mah ikutan pingsan karna shock. amin amin amin yaa Allah.

Republik Gaptek mengatakan...

Ckckckc mending ikut GENG NERO aja cii sekalian..

Anonim mengatakan...

wah wah .. serem ceritanya..
tapi mang bener sih.. dari dulu sampe sekarang.. temen Dri banyak yang meninggal gara" kecelakaan pas SMA.. *kenapa harus masa SMA???*

ya soalnya masa SMA itu masa paling nakal deh.. semua pengen di coba.. Dri juga dulu sering balapan motor liar tengah malem.. eh pas temen Dri kecelakaan,, mukanya ancur remuk,, dah ngga mau lagi deh gitu"an.. serem.. remuk mukannya aja masih kebayang ampe sekarang..
dan GA MAU LAGI.. hiii..

Dri sih seneng di Pramuka,, lebih menantang.. semua pelajaran dari Paskib, PMR, sama Organisasi,, di pelajarin disana.. ^^

nugraha adi putra mengatakan...

bener tuh kata bang TYo..
mending ikut geng Nero..
wekeke..!!

piqs mengatakan...

innalillahi wa inna ilaihi rajiuun..

hoo. waktu smp aku jg ikut pmr. waktu ikutan gara2nya kirain diklat enteng, gak kaya paskibra. fuuw,, salah besar ternyata. pertama kali aku push-up 100x tuh! mungkin karna tanggung jawabnya berat kali ye.


smangat!

Shabrina Kebo mengatakan...

hmm.. ternyata gitu ya..

berat euy jadi anggota pmr...

Yudistira mengatakan...

Hmm... kenapa ga mau masuk pramuka??? Bang hadi dulu pramuka loh...:D
Hmm.... ceritanya sedih ya....
Btw wijoyo ini wijoyo if04???
Wah ternyata sempat ngeblog juga si wijoyo...

Paams mengatakan...

eww gw paling merinding cii baca ato denger kecelakaan yang ampe tulang keluar atau apalah...soo gw merinding nih hiiiii...
turut berduka...duhh jadi serem naek motor >.<

Pesut Amphibi mengatakan...

ekskul paling enak jaman gwa SMA itu: Japan Club

santai, asoy, damai...

tapi banyak libur sekolah, karena banyak lomba, wajajajaja

btw, turut berduka cita buat teh Eci

Anonim mengatakan...

SMANLI itu SMA 5 depan taman lalu lintas?

Anonim mengatakan...

salam kenal..

jauh..dari jatinangor...

pesisir kota Bandung...

keep writing..

carpe diem!!!

diana bochiel mengatakan...

aduh aduh...uciii ikutan PMR?
pasiennya bukannya sembuh tambah parah nih keknya.hehehehe

Hariyadi Maramis mengatakan...

Wah....sy dulu juga ikutan PMR waktu smp. Hehe..jadi junior dong.

Sering dispen karena ikutan lomba, secara ketua angkatan (Prince Complex Mode On).

Bener tuh ci, Badge PMR yang suka diremehin sama kawan2 di smp karena ekskul PMR itu cewe banget itu tanggung jawabnya gede. Sy aja gak berani make kecuali di sekolah.

Ikut PMR jadi keren lah pokonya. Asal bener serius, kemampuan P3K penting banget tuh. Nanti mungkin bisa nyelamatin nyawa lho..

Eh kepanjangan....*kabuur.

Ucing! mengatakan...

@tyogaptek: eyaaang yaaaah!!!!
@andri: lebih menantang pecinta alam dooong :P
@adi: sesaaat T.T
@piqs+chablina: ga juga siiih.. hehe
@yudistira: pasma aja!
@paams: aku juga takut
@pesut: maksih
@budi: bukan
@ardi: jiaaahh.. jauh bgt
@diana: DSAAAAAAR!!!
@h maramis: huahahahaha.. emang!
@
@
@