28 Desember 2011

Pangrango Dalam Harapku

Wohooo semangat pagi! Kemarin di twitter entah saya kesambet apa saya mengkultwit tentang naik gunung.
Yang namanya gunung itu sesuatu banget. Naik gunung itu capek, kotor, dingin, ga kaya di kota serba ada, tapi di situlah letak kenikmatannya. Siapa bilang turun lebih enak daripada naik? yg enak cuma pas tenda udah jadi, anget-angetan bareng-bareng temen. Mau gimana pun kondisinya, naik gunung selalu jadi pengalaman yang asik untuk diceritakan. Naik gunung itu kita jadi tau siapa kita yang sebenarnya, seperti apa aslinya watak orang, dan mengenal kekayaan-Nya. Kadang makan di gunung lebih mewah daripada di rumah sendiri. Kalau baru naik ngidamnya banyak, pas turun nafsu makan langsung nambah. Kalau kata senior: naik itu sunah, turun itu wajib. Kalau kata Soe Hok Gie naik gunung itu bukti bahwa fisik dan jiwa kita sehat, juga untuk mengenal Indonesia beserta masyarakatnya dari dekat. Pokoknya naik gunung itu nagih.. kalau kata Nunu sih I ♥ mountain \(´▽`)/
Dan pada postingan kali ini saya akan bercerita tentang cerita pilu, kembali Desember pilu seperti tahun lalu, tentang naik gunung. Mungkin Anda sudah bisa menebak gunung apa dari judul postingan ini. Well markicau!


Inget banget lagi di asrama tuh, tiba-tiba ada sms "Ci, mau ikut ke Gede ga? 26-28" wohooo saya loncat-loncat karena akhirnya setelah sekian lama ga naik gunung eh ada yang ajakin. Sontak saya balas mau. Deal tuh ya, saya ajak teman saya, lalu kami pergi ke Smanli bela-belain tuh cabut tambahan responsi ekum *astagfirullah* buat ngasihin fotokopi ktp karena mau didaftarin besoknya juga. Tetapi di sana saya agak ragu, melihat pesertanya, anak SMA semua, entah udah pengalaman sebelumnya atau belum dan cowoknya tuh meragukan, no alumni. Well saya masih ga pengen banget lah itu, ga jadi pun gapapa haha.

Tanggal 21 pagi saya baca mention di twitter "Ci, kosong ga?" saya bales "kosong, kenapa?" tiba-tiba ada sms "mau ikut ke Sukamantri ga? PP doang ga nginep" wuaaah excited abis tuh saya. Saya memang lagi suntuk dan sudah lama tidak main-main sama alam *wedehh ngeri :P*. Saya jawab iya saat itu juga dan bertanya kapan? You know what? perginya hari itu juga jam 07.30 itu sms jam 07.00 hahahahaha. Tetapi untung ada alumni yang nyusul, so saya bersama mereka. Jam 09.00 saya ke rumah alumni sebut saja Puji. Menunggu dan menunggu akhirnya tiba juga alumni satu lagi dengan mobilnya lalu kami berangkat. Di jalan bercengkrama, membicarakan masalah ke Gede, dan hey ternyata ke Sukamantri itu pelantikan! dan saya baru tau... cangak... saya udah dandan cantik lagi anggun dengan rok (latihan pake rok sih hahaha) saya pikir piknik ya. Tapi yasudah kata mereka (2 alumni tersebut) kami makan siang aja di sana, yawes beli makan dulu mereka di warteg (saya sih bawa bekel, kere bos!) terus beli manggis. Sampai sana liatin yang pelantikan, iseng dikit ke CaPAL wkwkwk, makan siang, terus anak-anak SMA pulang saya masih sama alumni goreng spicy wings dengan nisting, kompor, gas, dan margarin pinjeman, menikmati rintik hujan di Sukamantri sambil bercengkrama.

Di sana saya mulai dihasut nih. Jadi, para alumni itu berencana akan ke Green Canyon tanggal 25. Tetot! Pengen bangeeeet! Jelaslah Gede atau Green Canyon ya Green Canyon! Terus akhirnya saya disarankan untuk ikut rombongan alumni lain yang ke Pangrango aja tanggal 23-25 baru pulangnya ke Green Canyon. Oke, saya galau maksimal deh semenjak hari itu sampai pada akhirnya tanggal 22 saya minta ijin ikut ke Pangrango dan diijinin sama yang mau ke Pangrangonya, saya minta ijin mama, mama shock dikit *yaiyalah meni besok banget berangkat* terus belanja seadanya akibat duit ga ada, latfis lari-lari di dalem rumah. Ini gila pikir saya, persiapan cuma sehari dan itu Pangrango hahaha. Seinget saya dulu senior saya pertama kali naik tuh kedinginan di sana, ngedrop, akhirnya saya gak mau meminimkan urusan kehangatan gak seperti biasanya. Terus saya baca-baca tentang Pangrango di internet. Besoknya berangkat deh jam 2, bawa bekel itu juga buat malemnya. Ah maksa deh pokoknya ga ada duit, demi Pangrango aku rela ngeluarin duit di saat krisis haha.

Kumpul di kosan temannya Resty (alumni yang punya ide naik) di Malabar. Packing bala-bala sampai jam setengah 6 akhirnya berangkat pake L300 carteran 250ribu hahaha waw! yah susah alasannya macet, kami dibawa lewat jalan samping tol yang subhanallah sekali padahal tol kosong gitu, entahlah saya hanya dapat terheran-heran dan bersabar. Hujan, carrier di bagasi basah, tambah berat, gendong-gendong punya yang lain asli enteng parah, BT, tapi yaudahlah latihan dan maklum sih kan udah pengalaman ga boleh ngeluh! Udah tuh ya makan malem di mushola yang lain ke warung, ternyata nasinya kurang, laper. Jam 10 malem berangkat. Di pos nanya ke mamangnya, "Mang rame yang naik?" mamangnya cuma jawab "Rame banget dah dari pagi" yah saya pikir ya segimana ramenya? masalahnya selama kami jalan ga nemu rombongan tuh. Udah tuh yah jalan, jalan santai soalnya bawa temen-temen Resty yang baru pertama naik, untung jalan malam jadi ga terlalu capek. Dan perkataan si mamang tadi bener aja 'rame banget' di pos Pancayangan no space! bingung, soalnya pos selanjutnya ya air panas, ga mungkin lewat air panas malem-malem, siang aja saya ngeri. Akhirnya untung nemu lahan lah muat 3 tenda di pinggir jalan banget! hahaha bodo amat, darurat, ga ada air, cuma ngandelin air bawaan dari kota, tiduuuur.

@tenda darurat
Bener-bener pinggir jalan wkwkwk
Para Jantan
The Ladies
Paginya lanjut lagi, sekitar setengah sembilanan naik lagi. Kali ini berentinya lebih parah, naik dikit berenti, saya akhirnya ikut capek juga, laper. Ujung-ujungnya saya jalan duluan empatan gak mau ikut grup belakang. Air panas ternyata talinya udah bagus hahaha udah enakeun jalannya, istirahat sebentar dan ternyata dua orang yang lebih dulu lagi daripada saya udah mandi di air panas, enaknya ya kalau cowo tuh gitu haha. Selama perjalanan pagi ini udah terasa ramenya, entah berapa rombongan tuh lewat, gak kebayang deh orang kuota 600 abis! Akhirnya pacepet-cepet ke Kandang Badak takut keabisan tempat, dan pas nyampe Kandang Badak bener aja dah buseeeet itu udah kaya lautan tenda udah berasa di bumi perkemahan aja! Untungnya kami udah dapet tempat lumayan lah, dan tetep Kandang Badak kotornya Ya Allah. Ketemu rombongan alumni yang tektok ke Gede, diledekin tuh ikut aja ke Gede nanti turun lagi besok ke Pangrangonya kan. Udah tuh ya abaikan. Pas sore-sore semakin padat tuh Kandang Badak, pas ke air aja buseeeet antrian panjang bos! Jadi ada rombongan PKS gitu latihan jihad kali ya, ngaji, takbir, ngibarin bendera Palestina. Rame banget dah, udah takut aja besok yang ke atas rame banget masalahnya mereka kayanya 100 nyampe noh! Belom lagi ada rombongan nanjak bareng, rombongan anak-anak smk sama yang pelatihan dasar. Eh untung si PKS itu turun ternyata. Di Kandang Badak wasting time sampai BT.


@air panas
Lautan Tenda

UNO Time!


Besok paginya jam delapan lagi mulai nanjak. Ternyata ingatan saya tidak panjang ya untuk jalan dari Kandang Badak. Ada satu alumni yang dari awal udah egois parah (hey saya nitip sampah pun ga boleh, cuma seplastik hahaha) dia satu-satunya yang pernah ke Pangrango dari kami ber-15. Oke, jalanan emang jelas, kami hanya minta dia jadi leader sampai pertigaan Gede-Pangrango, dia gak mau. Dan tau apa? sampai pertigaan ada orang ngecamp ternyata 1 tenda, saya yang lupa-lupa inget itu pertigaan emang pertigaan tapi anehnya kok belok kanannya gak belok banget, lebih ke lurus (liat di gambar) akhirnya kita lewat jalan yang rada lurus itu dan tau apa? ITU JALAN LAIN KE GEDE YANG LEBIH TERJAL! dan baru sadar setelah kita manjat tebing gitu, terus melihat puncak Pangrango. PENGEN NANGIS! Silakan tertawakan deh kalau mau ketawa. Tapi di sana gak ada alumni saya yang egois tadi. Kami nanya adiknya, katanya dia lewat jalan lain dan adiknya itu di suruh nyusul kami. Hello mikir ga? Kenapa ga ngasih pesan berantai? Kenapa dia biarin kita salah jalan, capek lagi. Saya juga udah curiga sih soalnya kok ke Pangrango rame terus pada ga bawa apa-apa, ada ibu-ibu bahkan waaaw. Ternyata kami memang salah jalan.... jalan ke Pangrango itu belokan yang ditutup abis-abisan sama si tenda kampret itu pas di pertigaan. Akhirnya saya, Resty, Nunu turun tigaan yang lain mau ke puncak Gede biarin belum pernah lah kami bosen. Turun climbdown pertama kalinya saya tuh ga pake safety bawa carrier berat lagi, untung rame kami ditolongin, dan hey kami adalah 3 cewe cantik diantara pendaki lain yang rombongannya cowo semua saat itu, digoda-godain yucks banget! Bener aja, berenti di pertigaan (yang sekarang mah perempatan) liat itu tenda ga ada lagi you know? JALANNYA JELAS BANGET! Ada jalan melingker ke jalan itu juga tapi ya mana keliatan sama kami!!!!!!
Ini perempatannya, yang merah itu tenda budug!

Istirahat di tebing

Adenya Nunu foto backgroundnya puncak Pangrango yang ketutup awan, cangak -,-
Lemes tau ga? kami akhirnya menunngu di pertigaan itu dari jam setengah sebelas sampai akhirnya bertemu rombongan yang ke puncak Gede jam setengah 2. Di sana kami ngegalau, ketemu mas-mas cakep yang baru turun dari Pangrango... curhat hahahaha manis deeeeh.... ternyata masih ada hikmahnya juga ya. Terus ketemu lagi mas-mas super putih dari Cimahi, hihihihihi lumayan lah menghibur hati. Ketemu cuma 1 rombongan (3 orang sih, itu juga tua-tua keliatan udah senior) yang ke Pangrango. Emang beda, yang ke Pangrango tuh emang beda, kalau ke Gede tuh rame, ga bawa apapun juga jadi, ke Pangrango mau mati kedinginan? Kata mas manis dari Citereup itu jalannya terjal banget, banyak pohon tumbang, tempat istirahat ga ada yang nyaman, ada cuma satu tenda dan saya udah kebayang itu juga darurat pasti. Hujan... astagfirullah gak tau deh kesel banget. Duit, waktu 3 hari, tenaga, emosi, kebuang gitu aja... Pangrango GAGAL. 'BT CAMP' (not funcamp) di Kandang Badak doang mah ga usah bawa-bawa carrier, ga perlu 3 hari, mending ikut kemarin alumni tektok, dan sore itu saya udah ikut bakar-bakar terus ke Green Canyon. Ya Allah ini aja inget-inget lagi tuh nyesek. Tambah tau ga si egois itu dengan bangga ngepos di grup Pasma dia doang SENDIRI yang nyampe puncak PANGRANGO HAHAHA, dia ngetawain kami... hahahaha

Turunnya gausah ditanya ya rame banget sumpah rame. Di pertigaan Cibodas aja pas nunggu angkot malem-malem itu berapa rombongan entah dan masih ada nambah lagi yang turun-nambah lagi. Gak lagi deh ke GEDE DOANG MAH atau KE KANDANG BADAK DOANG pas hari libur dan itu weekend. Thankyou very much. Tapi yaudah, pas banget mas Nazrul ngetag note tentang SABAR. Heheu... belajar ikhlas, semua ada hikmahnya. Allah pasti baik, makanya saya ga dijinin ke Pangrango, mungkin badai, mungkin hujan, mungkin saya mau UAS. Hahaha oke UAS di depan mata saudara-saudara.... huffffffffffffffffff..... Pangrango dalam harapku banget dah haha :')

6 komentar:

G A L I H mengatakan...

waw asiiik, itu sama anak anak smanli? gua ke gede sampe puncak baru atu kali...

Ucing! mengatakan...

Sama anak D3 Gal, smanlinya cuma 4an hehe gua ge cuma sekali, ngapain banyak2 buang2 tenaga, duit, waktu ehehehe

nurul mengatakan...

uciuciuciii aku baru baca yang ini, ih sedih ya kalo diinget-inget lagi :((

Ucing! mengatakan...

uhuhuhu :( pasti sedihan elu nu digituin sama temen sendiri hahaha

nurul mengatakan...

iyalaa, temen seperjigongan gitu hahaha
eh itu foto kedua sebelum terakhir..... eeaa hahaha

Ucing! mengatakan...

Apa? Baju merah? Hahaha