08 Juni 2011

Aksi Untuk Bumi


Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup yang jatuh pada tanggal 2 Juni 2011 kemarin, saya (atas ajakan teman) turut serta berpartisipasi dalam kegiatan Bike to Life dan Aksi Cabut Paku di Pohon yang merupakan bagian dari serangkaian acara Back to Nature and Healthy Life yang diadakan oleh RIMPALA FAHUTAN IPB (Rimbawan Pecinta Alam Fakultas Kehutanan IPB). Acara Bike to Life dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2011, sedangkan Aksi Cabut Paku di Pohon pada tanggal 5 Juni 2011.


Bike to Life merupakan kegiatan bersepeda dari Kampus IPB Dramaga hingga Tugu Kujang (tepatnya Kampus IPB Pascasarjana yang terletak di depan Tugu Kujang). Kalau dihitung-hitung jaraknya 10 Km, jadi pulang-pergi 20 Km. Kebetulan saya tidak punya sepeda di rumah, jadi jarang (banget) sepedahan juga latihan fisik (paling renang dan lari pagi yang jarang-jarang hehehe), ditambah jalanan yang naik turun membuat saya cukup capek lah hehe. Terasa sekali saat perjalanan menuju Tugu Kujang, banyak sekali tanjakan-tanjakan panjang, di daerah SBJ, Loji, Jembatan merah, dan Sempur. Di Sempur akhirnya saya menyerah, baju sudah basah (ini saya doang kayaknya yang lebay yah hahaha) akhirnya saya naik pick up panitia sampai Kampus IPB Pascasarjana (ini nih calon anak FAHUTAN :P). 



Sampai di Kampus IPB Pascasarjana, istirahat sebentar kemudian ada pengarahan untuk acara selanjutnya. Jadi, kami memarkirkan sepeda lalu menuju depan Tugu Kujang melakukan orasi dan membagi-bagikan bibit gratis kepada pengguna jalan raya. Awalnya saya agak minder habis bibit yang saya tawarkan tidak laku hahaha berbeda dengan yang lainnya. Namun akhirnya laku juga, senang sekali. Saya pun mengambil bibit lagi dan laku lagi! Hahaha sudah, cuma dua bibit lantaran sudah lama dan bibitnya sudah habis. Teman saya ada yang berhasil membagikan 8 bibit waaaaw hehe. Setelah semua bibit habis dibagikan kami berkumpul bersama dan berorasi, nyanyi-nyanyi juga seru :D

"Tanam, tanam, tanam pohonnya. Tanam pohonnya sekarang juga. Rawat, rawat, rawat pohonnya. Rawat pohonnya sekarang juga..."


Beres orasi kembali ke tempat parkir sepeda. Di sana kami istirahat, makan siang, ada juga hiburan dan bagi-bagi doorprize berupa tiket ke The Jungle. Sekitar jam 12.30 berangkat kembali menuju kampus IPB Dramaga. Waktu itu tengah terik-teriknya. Alhasil sekarang kulit saya gosong hahaha semua teman-teman berkata demikian. Sedih. Tapi senang juga, perjalanan pulang mah saya kuat dong hehehe iyalah banyak bonusnya turunan. Pulang-pulang muka panas, badan pegal-pegal, tapi hati senang.


Acara cabut paku pesertanya lebih sedikit, cuma saya sama satu orang teman saya hahaha, sisanya panitia. Total-total 28an orang lah. Berangkat menggunakan 2 mobil Dinas Pertamanan Bogor, mirip truk sampah gitu warna kuning soalnya haha. Mulai cabut paku sepanjang jalan menuju Jembatan Karya Bhakti. Susah ternyata loh, pakunya dalam-dalam, banyak, dan panjang. Senang sekali jika berhasil mencabut.

Kasihan pohonnya seperti menangis gitu karena mengeluarkan air (mungkin getah kali ya) saat dicabut pakunya. Kami diberi balok untuk mengganjal linggis oleh tukang kusen, sehingga mencabut lebih mudah karena kami punya senjata dan trik andalan. Jumlah paku yang dicabut pun semakin banyak. Senang hahaha.

Oh ya, saya mencabut paku berkelompok, kelompok KSHE! Hahaha ini tidak sengaja sih, tadinya saya hanya dengan teman saya (saya dan dia sama-sama KSHE) eh gabung deh Kak Lala namanya anak KSHE 46 (saya 48). Kami pun seterusnya selalu bekerja bertiga hehe. Lanjut di seputar GOR Padjadjaran. Nah, di GOR kami bertemu wartawan Metro TV yang tertarik untuk meliput kegiatan ini *waaaah mamaaaa aku masuk tipi hahaha*. Tapi saya tidak melihat tuh beritanya, tidak diberitahu juga sih kapan tayangnya *yang penting eksis lah seneng hehehe*. Hari sudah siang kami pun kembali ke Kampus IPB Dramaga tercinta.

Well, senang sekali rasanya. Ini pengalaman pertama saya ikut kegiatan semacam ini. Kegiatan real lah istilahnya langsung terjun untuk bumi hehe senang. Benar-benar bermanfaat sekali acara ini, salut untuk kakak-kakak RIMPALA yang sudah mengadakan kegiatan ini. Kakak-kakaknya juga baik-baik hehe senang sekali. Lelah pun jadinya juga tidak begitu terasa karena ditutupi rasa senang luar biasa hahahaha senang pokoknya senang. Hidup FAHUTAN! *eaaaaa*



Semoga bisa ikut acara-acara semacam ini lagi seterusnya, gak cuma kali ini saja. Malu ah banyak berpartisipasi merusak bumi tapi sedikit berpartisipasi menjaga bumi hehehehe :P 

Sumber foto: dokumentasi Reza A., Mentari P., Dinda Lestari.

3 komentar:

Uuyyeeaahh mengatakan...

Ikutan doonk....
ko ditempatku ga' ada acara apa-apa ya..?

@helgaindra mengatakan...

salut deh sama kegiatan kaya gini
meskipun cuma cakupannya kecil tapi udah bermakna banget degan cara ngebagi2 bibit itu

salute!

Ucing! mengatakan...

@uuyyeeaahh haha ayo dong adain kalo gitu :D
@helga iya ga seneng hehe, waktu itu ada juga anak diploma yg nyusul ikut aksi cabut paku looooh lu kok ga ikut :P