15 Maret 2011

Swim Banana

Hello world! Saya pengen nanya deh, saya heran... di tv banyak iklan tentang bulan Maret, gua gak ngerti deh itu maksudnya apa. Ada apa dengan bulan Maret?



Bulan Maret untuk saya, ada ulang tahun Mama (3 Maret), ulang tahun mantan (ehm...), ada UAS!!! Oh yeah, saya baru saja melewatkan pekan UAS. Sumpeloooo itu UAS gak berasa UAS banget deh, beras ulangan biasa yang bisa diremidial. Sumpah lemeeeeees kacau balau deh. UASnya susah... padahal menentukan kelulusan. Bulan Maret juga saya daftar SNMPTN Undangan (finally...) dan doakan saya ya guys... hehehe. Lainnya lagi kesibukan di bulan Maret saya... renang! (wkwkwkwk padahal baru 2 kali di bulan ini, sebelum UAS dan tadi ujian praktek OR)

Sejak gua ikut team diving PASMA 5, saya jadi suka renang. Gua rasakan betapa nikmatnya berenang sekalipun gua gak bisa renang hahahaha. Tapi nagih! Apalagi kalau kamu renang sama kecengan kamu.. ikikikikikikik...


Selain menyenangkan, renang banyak manfaatnya juga looooooh.... berikut fakta tentang renang, diambil dari sini.

  •  Membentuk otot. Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh. ---> Yoi banget gak sih kalo lo cantik-cantik berotot wkwkwkwkwkwk keren kali!
  • Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru. Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.
  • Menambah tinggi badan. Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).
  • Melatih pernafasan. Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.
  • Membakar kalori lebih banyak. Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.
  • Self safety. Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).
  • Menghilangkan stres. Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.
Manfaat ini tentunya bisa dirasakan kalo kamu renangnya rutin hehehe. Bagi yang gak bisa renang kayak gua nih... gak apa-apa kalau memang minatnya kuat, bisa diusahakan yang penting nih, tips dari saya *ceilaaaaaah*
  1. Jangan takut sama air. Kalau kamu udah takut duluan, susah. Bersahabatlah dengan air, pdkt, air itu baik loh! air gak gigit kok *yaiyalaaaah* seperti kata senior saya nih, "rasa takut itu dihadapi, dimanage."
  2. Jangan panik. Ini penting banget. Sebenernya gak akan parah banget akibatnya kalo kamu tenggelam dalam keadaan tenang. Kalau lagi renang juga, tenang gitu euh... enak dah santai, ringan, cepet.
  3. Sabar dan bertahap. Ya latihan kalau mau bisa dimana-mana kudu step by step biar lebih afdol aja gitu. Kecuali kalau kamu emang dewaaaaa hahahaha.
  4. Keep eksotik! wkwkwkwkwkwkwk peace :Dv

Okee cukup sekian yah.. Salam, swim banana!

3 komentar:

nurul mengatakan...

eh kamuu itu foto aku auraaat -__-

Ucing! mengatakan...

*abaikan* wkwkwkwwkwkwkwkwkwk peace :Dv

nurul mengatakan...

eeem kamu maaah