22 Mei 2011

My Cheese Has Moved

Tadi buka pesbuk dan nemu status update-an temen:
"Besok TO terakhir di NF, gunain dengan sebaik baiknya, Bismillah semoga sukses.."

Hemmmh...

Pertama baca ini, narik nafas dalem-dalem terus menghembuskan dengan agak sedikit berat.

Keinget deh segalanya... (sebelumnya, postingan ini bukan buat promo atau apapun, cuma bedasarkan apa yang saya alami)








Pilihan


Dulu waktu kelas 2 belajar keteteran banget semenjak kakak nikah dan pergi ke Jepang. Waktu kelas 1 kan mau belajar matematika fisika bisa sama kakak di rumah. Akhirnya cari tempat les. Bedasarkan pengalaman pas smp sih bimbel lambang gajah ga oke-oke banget, mahal, kelasnya rame banget berisik. Kalau bimbel yang iklannya tante niki kayanya di sini ga in-in banget, sama juga mahal, waktu di Batam sih bagus, yaaaah bimbel ternama satu-satunya deh kayanya waktu itu hehe.

Akhirnya bedasarkan rekomendasi dari kakak, abang, terus udah survey-survey juga, akhirnya milih NF. Lokasinya yang di Mawar, waktu itu daftar bareng Wina dan Unta. Alhamdulillah nilai meningkat hehe, ngerasain banget manfaat yang diajarin guru matematika kepake banget di sekolah, nilainya jadi bagus-bagus dooong hehehe seneng. Biologi juga kebantu bangetbangetbanget pas ujian kenaikan kelas ngalahin juara kelas yesss Alhamdulillah hahaha. Jadi jatuh cinta sama NF, gurunya ngajarnya asik-asik, jadi ngerti konsep dasarnya dan kesononya jadi mudah, selain ngajar biasanya juga diselingi cerita pengetahuan-pengetahuan umum yang kadang disangkut pautin sama pelajaran, terus cerita-cerita motivasi, sama nasihat-nasihat yang bikin sadar, bikin semangat.

Udah gitu keunggulan lain ada pelajaran BIP, seru dan memberi banyak banget pengetahuan. Terus soal-soalnya buneeeeng susaah huhu ini kadang bikin down, tapi justru ini yang menantang, dulu salah satu alasan kakak sama abang nyuruh masuk nf itu karena soal-soalnya yang mutu tinggi. Saya yang di sekolah suka menyepelekan, di NF jadi nunduk... ternyata, banyak yang saya gak bisa... hehe jadi malu, udah gak bisa, males lagi dulu. Oh ya, bebas konsul asik deh hehe, tambah lagi karena kebanyakan anak-anak smanli, jadinya kadang kalau deket-deket mau ujian di sekolah, jadwal kita yang minta, masnya bikinin jadwal belajar buat kita. Hehehehe. Satu lagi, suka logo dan slogannya... "Maju bersama Allah" kalo slogannya diperhatiin bentuk tulisan Allah dibawahnya NF deh hehe.

Akhirnya atas pertimbangan-pertimbangan di atas, kelas 3 masuk NF lagi. Sekarang lebih rame yang masuk NF, rame orang-orang pinter. Ikut kelas persiapan snmptn. Awalnya 1 tahun tuh belajar biasa-biasa aja sama kayak kelas 2 dulu, suka cabut les, masih main-main deh. Tambah lagi masuk anak-anak baru yang pinter-pinter tapi rusuh, kelas berisik, TO ga total, masih main-main. Terus masuk deh intensif snmptn. Saya pindah kelas, sekarang kelasnya cewe semua, orang-orangnya lebih serius. Seneng :)


Perjuangan

Disini lah mulanya... Masuk A2 mainnya jadi sama orang-orang pinter. Karena memang orang pinter mah beda ya semangatnya juga, jadi nular. Awalnya cuma 4an aja mainnya, belajar bareng tiap pulang les (dari pagi sampe siang, siangnya lanjut belajar sampe sore, bahkan sampe malem). Mereka punya cita-cita tinggi, hebat-hebat. Di kelas, saya tuh anak bawang, paling dodol hahaha. Dari sini saya belajar, saya memperhatikan mereka-mereka itu, akhirnya saya gak mau kalah hehe. Semangat deh.

"
Eh, sekarang belajar di rumah siapa nih?"
"Ayo semangat! FTI, FK!" gua akhirnya ikutan "semangat! FITB!"


Seminggu kelas akhirnya kompak semua, semua konsul bareng tiap pulang les. Pokoknya bel pulang, turun ke bawah, solat, cari makan, ngerumunin meja mas Cahyo di bawah, sambil nunggu guru ngerjain ps pangajar-ngajarin, ngecengcengin mas Bie hahaha. Kalo hari Sabtu konsul sambil nungggu pengumuman TO. Minggu-Senin TO. Seneng banget, bener-bener berjuang bareng-bareng dan secara sehat :) ini yang udah lama gak saya rasain... saya ngerasain kayak gini cuma pas smp di Batam. SMP di Bandung, apalagi udah SMA, udah gabener... penuh kecurangan, patikung-tikung dengan cara licik, bersaingnya ga sehat. Berjuangnya ga kerasa. Kalau beda prinsip nanti diasingkan.

Dua minggu yang bener-bener berkualitas banget, dua minggu penuh kebersamaan setiap hari, dua minggu semangat naik turun, naik karena berharap yang terbaik, turun pas tau hasil TO kecil.

Segitunya banget TO doang...

Iya, banyak orang yang bilang gitu. Tapi saya dan teman-teman menjadikan setiap TO acuan untuk memilih jurusan nanti. Jadi memang begitu sistem TO di NF, tingkat kesulitan bertambah dari TO ke TO sampai TO terakhir yang notabene termirip dengan snmptn. Awalnya gak percaya, soalnya TO awal-awal aja udah susah banget, tapi sekali ikut TO di IPB ternyata lebih sulit dari TO NF, berarti memang SNMPTN itu sulit. Dari situ terus belajar. Nanti nilai TO disesuain sama nilai di MBPJ (matriks bantu pemilihan jurusan) apakah nilainya cukup atau gak. Kita kan TO tiap minggu, nah untuk naik 100 poin itu susah banget, kerasa deh (nilai TO dikemas dalam bentuk nilai nasional yang kisarannya tuh ratusan). Alhamdulillah sih nilai TO saya memang naik terus, awalnya naik 10 poin, terus 36 poin tapi tetep aja masih 600 pas-pasan, sedangkan jurusan saya idam-idamkan masih kurang 30 poin lagi... (FITB)

Kalau KSHE udah masuk sih, Geo UI masuk juga tapi mepet hahaha. Dari sini udah mulai yaaaah berharap banget ikut undangan. Toh kalau ikut tulis juga milihnya KSHE juga, orang faktanya otak saya gak kuat toh tinggi-tinggi ngapain dipaksain. Tapi ada banyak yang hebat, nilainya 800-900an, pernah ada nilainya 990, 10 lagi 1000 nilai maksimal! FK UI MASUUUK! Allahu Akbar. Nah temen-temen sekelas sih nilainya bagus-bagus, 600 gendut sampai 700an. Bahkan ada satu Fany yang udah lulus terus dia di Tekim UI, udah deh dia mah tenang lah ya hehe.

Kalu dipikir-pikir gak bosen apa ya belajar tiap hari bener-bener tanpa libur dari minggu ke minggu lagi walaupun tanggal merah gak libur.  

Banyak yang bilang gitu, bahkan mama sendiri bilang gitu. Tapi ngga, justru saya senang, justru saya kekurangan waktu, kadang lagi belajar bareng asik-asik udah sore aja harus pulang, tapi masih banyak yang belum ngerti. Bahkan di Paledang ada yang gak pulang 3 hari. Saya senang, bener gak pake boong, saya menikmatinya, rame-rame. Rugi rasanya kalau pulang langsung pulang, di rumah saya gak akan belajar deh jamin, banyak goadaan.

Janji.

"Nanti kita bareng-bareng ya keterima Ya Allah amin." Amin. Sering banget kata-kata itu dikumandangkan.

"Nanti mah kalau misal nih ya keterima undangan, tetep NF aah hehe, Ya Allah amin banget berharap banget ini..."

Dan... detik-detik pengumuman snmptn undangan...

"Nanti sms yaaaa keterima nggaknya."

Dan dari sini....


Perubahan itu membuat saya merasa kehilangan


Malam pengumuman itu, saya cuma aktif kontak-kontakan sama Zara, sekali di fb Fany nge-chat: Gak keterima. Dwita sms, gak keterima. Njum bahkan sangat sedih sekali sms dan ngewall. Temen sebangku saya gak bales-bales sms.

Besoknya di NF, saya menyapa biasa, seperti biasa, nada biasa, temen sebangku saya "Ih Nobi mah ga bales sms wuuu" terus dia bales dengan nada, ekspresi sangat menohok deh pokoknya sukses bikin saya diem. "Orang gua ga keterima! Lu mah enak keterima!"

Udah gitu ternyata di kelas, cuma dikit yang keterima dan dari dikit itu yang hari itu masuk cuma tigaan, Zara, Pea, Saya. Suasana di kelas beda aja. Banyak celetuk-celetukkan... "Oke nanti pulang NF daftar, ayo semangat, kita bisa!" tambah mata Njum yang sembap keliatan banget. Sedih, saya, Zara, Pea duduk di belakang, lebih banyak diam. Walaupun masih ada bercanda sedikit-sedikit tapi tetep aja, tawanya beda. Tambah lagi guru-guru pengen tau akhirnya melantunkan pertanyaan seputar undangan, BT.

Sejak hari itu besoknya jadi males NF, gak enak bukan males sih. Terus ngurus kelengkapan juga kan. Dan temen sebangku saya tetep dingin, sms saya gak dibales, tapi sms temen saya dibales. Sedih.

Besok TO terakhir... Semoga mereka bahagia ketika membuka lembar soal, karena mudah, karena mereka tau bagaimana menyelesaikannya, dan hasilnya bikin mereka semangat, SNMPTN pun mereka lalui dengan OPTIMIS.

Saya yakin mereka bisa, mereka orang-orang pintar yang memang Allah ngasih jalannya beda sama saya, karena mungkin menurut Allah mereka lebih patut berbangga lulus di ujian yang sebenarnya di SNMPTN TULIS, bukan SNMPTN UNDIAN UNDANGAN. Nanti saya liat nama mereka di koran, Dwita FTI ITB, Njum FK, Meita SI/ Ilkom, Fany Tekkim, Ajeng FKG, Novi Kesmas, Mukhsin Guru, Farahiyah STEI ITB. Amin.

Saya sedih, karena saya tidak bisa berbagi kebahagiaan saya, kebahagiaan saya cuma membuat mereka down. Saya sedih karena mereka tidak membagi kesedihan mereka, padahal saya ingin sekali tetep dianggap biasa sama kayak mereka masih harus berjuang juga kan sudah janji tetep NF, tapi mereka malah naro saya di posisi "yah udah keterima ini sih enak..". Saya sedih karena saya takut, nanti pas mereka bahagia, saya gak diajak... :(

Mereka yang memberi saya banyak hal gak cuma ilmu, tapi teladan juga. Mereka orang-orang yang berani bermimpi, yang berjuang banget, orang-orang yang punya sebuah harapan, orang-orang pintar, orang-orang baik, orang-orang semangat. Saya selalu berdoa sama Allah semoga saya diberi teman-teman yang baik, dan saya rasa Allah sudah menjawabnya. Tapi kenapa cuma sebentar? cuma 2 minggu... Belum lagi kuliah saya udah merasa kehilangan deh, sepi... lagi pada berjuang :( Tapi gapapa, saya turut mendoakan. Saya bangga sama mereka. Tetep semangat teman-teman, Allah bersama kalian :') Dan memang akan selalu ada yang memindahkan keju kita Ci, inget di buku 'Who Move My Cheese' hehehe :D

Makasih Ya Allah, makasih NF, makasih teman-teman...
Ya Allah, Uci sayang teman-teman Uci, karena Allah :)

2 komentar:

@helgaindra mengatakan...

yang sabar ya ci
ya emang gitu kalo namanya persaingan
apalagi kalo cuma elu yang keterima snmptn undangan

doain aja yang terbaik buat temen-temen lo dan khususnya buat lo juga

good luck!

Ucing! mengatakan...

terima kasih helgaaaa, selalu gaboleh putus berdoa hehehe. semangat buat lu juga gaaa, sukses! :D