17 Februari 2011

Allah.. Help Me Please..

Saya sekarang gak mau nyalahin pemerintah atas kebijakan tentang melanjutkan studi ke universitas dan lain-lain. Gak mau komplain atas cara-cara kurang tepat, yang banyak buruknya, udah puas saya hujat-hujat pemerintah tapi toh kenyataan tetap begini, tetap pait.

Well, tahun ini jalur masuk universitas cuma lewat SNMPTN (tapi katanya UI masih ada simak dan UNPAD masih ada smup). SNMPTN sendiri dibagi dua, SNMPTN undangan (seleksi nilai rapot) dan SNMPTN tulis.


First, saya udah cukup stres karena nilai rapot saya kecil-kecil dibandingin temen-temen saya di seberang sana yang terpencar-pencar. Melihat sendiri sepertinya Anda akan sependapat. Hal ini dikarenakan KKM sekolah untuk angkatan saya memang rendah.. Jadi nilai 7 itu besar di sekolah saya.. Tapi tetep aja saya pikir sempet tah panitia peduli sama sekolah saya sedang mereka juga harus menyeleksi ratus ribuan berkas??? Dan kabarnya kepsek saya dan guru-guru juga menyesali akan hal itu, jadinya untuk angkatan bawah saya buru-buru diganti. Tuh kan curaaaaang tau ga? Hah oke, saya udah mencoba 'terima ajalah' dan mencoba fokus lagi sama cita-cita saya.

Sebenernya, kalau ditanya cita-cita saya bingung jawab apa, kalau mimpi, saya ada.. Kerja di rumah sakit bagian gizi atau manajemennya, atau kerja jadi kru kayak trans tv gitu atau ya pokoknya kerjaan dimana saya bisa jalan-jalan berpetualang ke hutan, gunung, lautan dan saya dapet gaji. Well, saya tau tuh ya mimpi saya, tapi saya terlalu pesimis.. Karena bukti 3 tahun saya belajar udah banyak banget yang mendukung kalo mimpi saya itu hanya sekedar mimpi.

Saya ga tau apa yang konslet sebenarnya. Akhirnya waktu memaksa saya untuk memilih, di satu sisi saya belum mantep banget sama rencana hidup gua di masa depan, semua masih terasa abstrak. Saya mencalonkan SNMPTN undangan dengan pilihan pertama UI: teknik lingkungan, FKM, geografi dan yang kedua IPB: gizi dan kshe. Tahap pertama sekolah bakal seleksi rapot 50% perkelas yang boleh atau akan diajukan SNMPTN undangan.. Kelas saya 43 murid, dan hanya 22 yang bakal diajukan, baru diajukan, belum tentu keterima juga.. selanjutnya terserah si univ pilihan masing-masing murid. Untuk masuk kategori 50% aja wasweswos saya... bayangan SNMPTN tes begitu menyeramkan.. saya jelas ga siap. Problem set dari bimble saya coba jawab, ga adaaa yang bisa, cuma 1 2 soal. Apa coba? Dan TO2 gua cuma dapet angka 400an.. Segitu cuma saingan 60an orang.. Gimana kalau se-Indonesia.

And now, saya dapet kegalauan baru...

Harusnya saya bersyukur kek ya.. Tapi ini ekspresi pertama saya liat data di BK: galaaau.. saya ragu saya keterima fkm dan geografi UI.. secara di kelas aja saya urutan 15... dari 22 yang lolos diajukan SNMPTN undangan. IPB katanya gamau nerima kalau yg IPB pilihan ke 2.. Saya.. IPB pilihan ke 2..

Saya berpikir untuk ganti, IPB pilihan pertama.. Tapi, kalaupun juga gua ganti IPB pilihan pertama, tetep aja galau.. Gizi ga yakin, KSHE pilihan 2 peminatnya banyak.. Masa iya saya kshe pilihan pertama..

Sebenarnya gapapa sih.. Tapi gua ragu.. Salah ga sih saya? Saya ga termasuk nyerah tanpa usaha kaaan? Saya jadi ragu sendiri ama kshe.. abis saya bingung nanti mau kemananya jalan hidup saya.. modal tergiur jalan-jalan doang saya milihnya juga..

Jadi, salahkah saya? Ya Allah.. galau gundah gulana banget..

Tidak ada komentar: