18 Maret 2012

Perdana: Turun Lapang SJ

Halo Indonesia! Yeay hari ini adalah pertama kalinya saya menjalani tugas setelah bergabung dengan Sanggar Juara. Tugasnya apa sih kakak? toet toet toet.... turun lapang! Hahaha ya ke SD lah ngajar, apa lagi? :P So, saya mau cerita pengalaman pertama ini hihihihi yuk kita simak kakak :D

Kakak-kakak asuh Sanggar Juara itu dibagi ke dalam kelompok-kelompok, saya kelompok dua. Turun lapang kali ini yang bertugas kelompok saya, tidak semua hadir, ditambah direktur dan kelompok lain juga pacarnya sang ketua kelompok, kalau ditotal-total yang turun lapang kali ini ada delapan orang. Anak-anaknya sendiri ada sekitar dua puluh orang, kata direkturnya itu jumlahnya sedikit. Yah, sayang sekali... tapi tetep seru kok, mulai dari jalan ke SD lewat sawah yang bagus banget pemandangannya hihihi sampai berhadapan dengan adik-adik yang penuh keceriaan.



Harusnya saya jadi mc hahaha tapi karena telat terus baru pertama, grogi masa... hahaha depan anak SD segitu teh ya... ckck. Alhasil kebanyakan yang ngomong Kak Tiwi yang memang sudah berpengalaman. Dateng-dateng (karena bareng yang telat) langsung disuguhi atraksi dari adik-adik SDnya, yaitu nyanyi Open Banana! Hihihihi lucu-lucu. Terus nyanyi lagi lagu berbahasa Inggris, sekalian belajar bahasa Inggris karena gak sekedar menyanyi tapi juga dijelaskan arti kata dan makna lagunya. Ada yang pinter-pinter udah bagus baca tulisannya dengan benar. Oh ya, lagunya Twinkle-Twinkle Little Star. Ada yang maju ke depan buat mimpin.




Setelah menyanyi lalu dibagi kelompok sesuai kelasnya. Saya kebagian memegang kelompok satu yang isinya anak-anak kelas satu. Cowok semua, masih imut-imut hahaha apalagi ada yang namanya Iman, kecil dan pemalu... ngegemesin bangeeeet hahaha. Ada juga siapa ya (hehehe maaf lupa) orangnya tuh lucu kalo ngomong kayak yang susah gitu ingin mengutarakan pendapat, mirip-mirip saya rasanya hahaha saya tau kok dik rasanya ingin banget berkata-kata tapi macet dimulut susah gitu hehehe tapi bagus, belajar mengutarakan pendapat. Mereka dicekokin cerita tentang Nabi Idris A.S (berhubung semua Islam alhamdulillah). Lagi-lagi gemesin deh, pinteeeeer hehehe terharu aja setelah cerita kan ditanya mereka, dites, coba sebutkan keahlian Nabi Idris, eh mereka hafal. Disuruh sebutin pesen Nabi Idris kalau doa kita mau dikabulkan kita harus membenahi apa dulu, eh mereka kompak jawab niat, shalat, puasa... aduuuh terharu.... dik, tumbuh jadi anak yang shaleh ya calon-calon imam :')








Karena rada berat ya kalau nyeritain Nabi detail banget, jadi ya yang singkat-singkat dan mudah diterima. Selanjutnya sisa waktu bersama kelompok digunakan untuk bermain. Main ABCD lima dasar, lucu-lucu hahaha disuruh nama benda awalan D eh ada yang jawab BENDA!!!! sambil semangat banget... aduh aduh hahaha tapi ada satu yang pinter, lupa lagi deh namanya, cuma inget Iman aja sih hahaha. Terus main domikado, nyanyi ABCD versi Indonesia dan Inggris biar melatih mereka juga, dan perkenalan nama pake bahasa Inggris. Lucu-lucu, polos, pinter, bikin ketawa, bikin terharu! Aaaah saya ingin mereka terus tumbuh jadi anak cerdas, shaleh, mau ketemu mereka lagi kalau udah besar ><


Setelah perkelompok, bersatu lagi deh tanya jawab seputar materi yang sudah diberi, terus main ular naga panjangnya deh! Hukumannya kalau yang ditangkap perkenalan pake bahasa Inggris (gak bosan-bosan). Baru deh penutupan nyayi theme songnya Sanggar Juara.




Menyenangkan sekali! Tapi sedang diusahakan nih membuat kurikulum terutama untuk kelas enamnya biar belajar formal gak sekedar pengetahuan umum, pendidikan karakter lewat permainan dan lagu-lagu. Yeah, sekali lagi pokoknya ingin sekali mereka jadi juara-juara hihihihi. Sanggar Juara siap mencetak juara!


Tidak ada komentar: