14 September 2009

Seperempat Abad

Happy 25th anniversary PASMA 5-ku :D

Hari ini PASMA sudah mencapai usia ke-25. Wah, ulang tahun perak. Emang PASMA apaan sih Ci?

Aku ingat komentar alumni di album fotoku, entah apa maksudnya, menanyakan apa itu PASMA5. Well, aku akui.. Aku belum mengenal PASMA5 sampai yang terdalam-dalamnya. Aku hanya mengetahui sedikit dari seluk beluk PASMA 5. Aku bukan siapa-siapa disini, tidak berpengaruh besar (siapa sih guee?). Tak banyak alumni PASMA yang mengenaliku.

Sejak SMP entah kenapa aku ingin sekali menjadi pecinta alam. Tapi sepertinya cuma angan-angan saja (seperti keinginanku lainnya yang sering tak tercapai). Aku melupakan keinginan itu. Cukup melihat acara televisi tentang menjelajahi alam saja. Kemudian takdir (ceilah) menjadikanku siswi SMAN 5 Bogor. Saat mos, senior mengenalkanku kepada PASMA 5, membangkitkan keinginanku yang kuat dulu. Hari Sabtunya lelang mos, tanpa pikir panjang aku daftarkan namaku di stand PASMA. Hemm.. waktu berlalu, karena aku pindahan dari Bandung, aku hanya sedikit mengenal teman-teman seangkatanku. Terutama di PASMA, teman yang ku kenal hanya Unta dan Endah teman sekelasku. Itupun tidak dekat saat itu, anak-anak yang ikut PASMA waktu itu pada nge-rasis. Aku jadi tidak semangat, tidak pernah ikut latihan. Cuma 2 kali dan 6 kali latihan fisik ketika mau PD dan pelantikan. Pokoknya ga nyaman lah.

Aku ikut pelantikan, mau ada temen atau tidak pokoknya aku harus jadi PAL. Keinginanku kuat sekali, sebenarnya sih lebih kuat lagi khayalanku tentang "jika aku jadi PAL". Hahaha. Merengek-rengek minta izin ke bapak, ngancem sampai mau kabur 'lagi' dari rumah. Dan akhirnya 'kepolosanku' (hahaha, atau lebih tepatnya norak kali yee..) menghantarkanku ke gunung salak 1 dan mendapatkan 'slayer merah' bernomor PAL 264. Aaaah pokoknya terharu banget dah, dan aku larut dalam keharuanku terhadap slayer dan nomor PAL itu... ya, larut! Seperti biasanya dimana saat aku mendapat sesuatu yang sangat kuidamkan, aku larut dalam kebahagiaannya. Sekali lagi, aku tak akan marah jika kau menyebutku NORAK.

Aku tak seperti alumni lain yang sangatsangatsangat memberi kepada PASMA 5. Tapi aku juga ingin, aku berusaha setidaknya benar-benar menjalani tanggung jawabku baru aku memberi lebih. Walau kadang jenuh, diceramahi melulu. Kadang lelah, dituntut banyak hal. Kadang benci, ketika suatu usaha tak dianggap. Tapi memang benar sih, kalau kerjaku dibandingkan kerja mereka jauh, jadi wajarlah mereka melihat seperti aku tak bekerja. Tapi setelah ku renungkan lagi, ternyata mereka tengah memberiku sebuah ilmu.. Ilmu yang bermanfaat insyaAllah bukan hanya di pasma tapi juga untuk kehidupanku. Ah, terima kasih :)

Itulah mengapa aku cinta PASMA. Karena aku merasa nyaman, aku mendapatkan banyak ilmu dari karakter anggotanya yang berbeda-beda, dari cerita pengalaman alumni-aluni, dari wejangan dari alumni-alumni, dari setiap kegiatan atau sekedar kumpul kecil, dari alam.. tanah, batu, air, angin, pohon, daun, matahari, hujan, sungai, jeram, tebing, kumon? :p. Yaaa... aku bersyukur sekali. PASMA tak sekedar ekskul dan organisasi, tak sekedar mendaki gunung, menjadi anak gunung? Hahaha.. PASMA5 sebuah keluarga, banyak ilmu! :D Dan aku berharap semoga aku bisa menerapkan ilmu-ilmu tersebut.

Mungkin aku tak pantas berbicara banyak tentang PASMA. Sekali lagi aku hanya tahu sedikit tentang PASMA. Tapi, aku akan terus berusaha memberi yang terbaik semampuku -dengan pengetahuanku yang sedikit dan terus belajar dari yang berpengalaman- untuk PASMA5, yang terdekat untuk PD 24-25 Oktober. Mohon bantuannya 'senior' hehehe. Semangat Uci! Semoga PASMA5 tetap JAYA! Semoga angkatan 25 sukses pelantikan dan PASMA 5 menjadi lebih baik lagi. Amin.

Ah, terkesan lebai.. jadi malu. Tapi aku hanya mencurahkan apa yang kurasakan. Hehehe. I love u PASMA :D

Tidak ada komentar: